Tuesday, July 26, 2011

Singapore - Day 4

yak, ini hari terakhir jalan-jalan karena besoknya kita harus berangkat pagi-pagi banget ke changi international airport. and thanks God hari ini badan gw sudah jauh lebih baik dan ga rewel lagi (dan tentu saja mood gw juga sudah kembali seperti semula). rencana hari ini kita akan ke mustafa centre untuk belanja cokelat dan oleh-oleh lainnya, lalu ke snow city, dan tempat wisata lain yang sama-sama terletak di daerah jurong kalo masih ada waktu.

oke, perjalanan dimulai dengan berjalan kaki ke mustafa centre. kalo di liat di peta, mustafa centre ini letaknya di dekat MRT farrer park, 1 halte MRT setelah little india. tapi karena ada yang bilang kalo sebenernya ga terlalu jauh, maka kita pun memutuskan jalan kaki aja, dan ternyata bener, jalan kaki dari hostel ke mustafa centre itu ga terlalu jauh, masih bisa dibilang deket malah. kalo di kira-kira jauhnya mirip kayak dari kampus UI salemba ke kosan gw dulu yang di paseban timur. jalan kaki sambil melihat-lihat keadaan sekitar sama sekali ga terasa. mustafa centre ini modelnya kayak supermarket yang terdiri dari 4 ato 5 lantai kalo ga salah cmiiw, isinya lengkap banget mulai dari obat-obatan, kosmetik, makanan, cokelat, mainan, sampe sepatu olah raga juga ada. saking lengkapnya, pas mau beli cokelat pun jadi agak-agak bingung, saking banyaknya pilihan.

24 hours mustafa centre

selesai belanja di mustafa centre, kita makan siang di salah satu rumah makan pinggir jalan yang letaknya ga jauh dari mustafa centre. sempet takut ga cocok lagi karena dari luar keliatannya kayak rumah makan india-india gitu, tapi ternyata ngga semua masakannya 'india banget'. tapi tetep, porsinya buanyak banget macam porsi kuli sampe-sampe gw, vira dan dinda pun ga habis ngabisin nasinya.

setelah kenyang makan siang, kita pun kembali ke hostel dulu untuk naro belanjaan supaya ga ribet. sampe di hostel, kasur pun seakan memanggil-manggil meminta agar kita tidur lagi, tapi nggak. dengan menguatkan segenap hati kita pun kembali beranjak untuk pergi ke snow city dan sekitarnya. berhubung hari ini hari terakhir jadi harus puas-puasin jalannya. setelah naro belanjaan, maka kita pun segera berangkat. snow city dicapai dengan menggunakan MRT dari little india, lalu transit di Dhoby ghaut dan lanjut ke jalur hijau untuk turun di MRT jurong.

sampe di sana, kita pun bingung karena ga ada bayangan itu snow city letaknya di mana. pas sampe di sana, gw pun bertanya sama anak sekolah yang kebetulan lewat, dan dia bilang kalo snow city nya udah ngga ada karena bangunannya lagi direnovasi *sambil nunjuk ke salah satu gedung yang emang lagi dibenerin* gw pun cuma bisa pasrah, dan akhirnya kita memutuskan untuk mencari alternatif tempat wisata lain. pas ketemu sama information centre, iseng-iseng nanya apa snow city masih ada (berharap anak sekolah tadi salah info) dan ternyata jawabannya masih ada, cuma pindah tempat aja. kebetulan snow city sama science centre itu satu kawasan jadi kita pun memilih untuk segera ke sana sekaligus. perjalanan dari halte jurong menuju snow city dan science centre sebenernya bisa ditempuh dengan bis (kira2 4stop), tapi supaya lebih hemat, kita pun memilih untuk jalan kaki saja. dan ternyata ga terlalu jauh kok.

setelah sempat beberapa kali bertanya sama orang yang lewat, akhirnya ketemu juga yang namanya snow city dan science centre, setelah berpuas foto-foto di halaman depannya, kita pun masuk. biaya tiketnya 16sgd untuk snow city selama 1jam + masuk ke science centre. karena snow city ini cuma buka sampe jam setengah 5, maka kita pun ga lama di science centre dan segera ke snow city dan berencana untuk balik lagi ke science centre nya. sebelum masuk ke snow city, pengunjung harus dilengkapi mantel, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu boots. alat-alat ini bisa minjem di counternya, tapi untung yang bayar cuma celana panjang dan sarung tangan. mantel dan sepatu boots gratis, lumayan jadi ga terlalu keluar uang lagi :p

sejujurnya isi dari snow city ini agak diluar ekspektasi ya, gw fikir arena saljunya bisa lebih luas dan lebih banyak wahana. tapi ternyata pas masuk cuma ada beberapa spot untuk foto. dan ada jalur khusus buat yang mau seluncuran pake ban, itu aja. ya karena udah telanjur dan kita semua juga ga tau kalo isinya bakal kayak gini, yaudah dinikmati aja. pas masuk ke dalem, fotografernya langsung menyambut kita dengan ramah dan menawarkan kita untuk di fotoin di beberapa spot foto yang memang sudah di sediakan. ada yang suasananya kayak pas lagi natalan, ada yang seolah-olah lagi naik speedboat, ada yang posisinya seolah2 lagi di dalem kereta gantung dsb. foto di sini ga semuanya harus di bayar, jadi kita bisa milih mana yang harus di cetak sesuai selera. harga fotonya bermacem-macem tergantung paketnya, yang gw inget ada yang 18 sgd dapet 2 foto ukuran 6R.

setelah difotoin, kita pun segera lanjut untuk naik seluncurannya. seluncuran di sini pake ban, lalu pegangan tangan rame-rame, setelah siap, petugas ngedorong kita supaya bisa meluncur. lumayan seru sih, tapi mungkin baiknya lebih banyak lagi permainan yang ditawarkan selain seluncuran ini. pas kita sampe di bawah, fotografernya pun langsung nyamperin kita dan motoin kita yang posisinya masih saling pegangan. foto di sini yang paling gw suka karena ekspresinya dapet banget, masi kerasa hawa-hawa fun abis meluncur dari atas, hehe.

karena ngga begitu banyak yang menarik dan suhu di sini cukup dingin, kita pun ga berlama-lama main di snow city ini. lalu main-main sebentar di taman science centre nya. dan karena baru sadar karena masih ada barang yang harus dibeli di mall2 orchard, akhirnya kita pun jalan ke orchard.

singapore great sale? yang gw sempet gw datengin ada zara - forever 21 - charles n keith - giordano - dll, tapi imho, ga terlalu nendang2 banget sih diskonnya. yang agak nendang menurut gw charles n keith, tapi itupun ga jadi gw beli karna inget di rumah masih ada beberapa sepatu yg dibeliin tapi malah ga dipake :p sementara gw dan dinda, jaka vira dan tante pun misah dan makan di ayam penyet. selesai belanja, karena masih ada waktu dan mereka pun masih di ayam penyet lucky plaza, gw dan dinda yang mulai kelaparan pun mulai mencari-cari tempat makan terdekat, dan akhirnya ketemu food republic. karena keburu laper dan tempatnya yang lumayan rame, kita pun ga pake ngiterin tempat2 makanan langsung pesen di salah satu konter makanan yang menurut kita sepertinya enak. gw pesen semacam ayam saus manis dan dinda pesen ikan yang disaosin asam manis gitu kalo ga salah*lupa* lumayan enak sih ya menurut gw mungkin karena laper juga. tapi entah kenapa pas gw nyobain makanan dinda, rasanya ada yang beda kalo dibandingin sama makanan yang gw makan. makanan yang gw makan tuh rasanya cenderung lengket-lengket gimana gitu. pikiran gw pun mulai negatif dan langsung berhenti makan. ups. dan gw pun baru nyadar tempat gw makan itu ngga ada label halal nya. jadi meskipun yg gw pesen itu ayam, tapi bisa jadi minyak ato bahan lainnya... oke, gw cuma bisa berharap ini cuma perasaan gw aja. semoga.

dan setelah belanja dan kenyang makan kita pun ngumpul lagi di MRT orchard, lalu bergegas pulang, karena ga pengen pulang terlalu malem mengingat besok harus berangkat pagi. sadar kalo ini malem terakhir pulang jalan-jalan, kita pun mulai galau. dadah2 sama MRT, dan jalanan sekitar yang kita lewatin. berharap suatu saat bisa kesini lagi. amin.

sampe hostel, gegalauan karna besok pulang, mandi, packing, dan bersiap-siap untuk tidur. ini malam terakhir gw tidur di hostel ini sebelum akhirnya besok pulang. goodnight singapore :')