Thursday, February 7, 2013

Trip Bareng CK - Weekend Shopping in Bangkok

sorry for late posting, been in holiday :p

kali ini saya akan membahas trip bareng CK ke bangkok tanggal 2-6 februari 2013 yang lalu..

sedikit intermezzo mungkin ada beberapa hal yang biasa terlintas dalam benak.



taken from ck's facebook




ck? apaan tuh? charles and keith? calvin klein?
bukaaaaan, ini claudia kaunang, traveller merangkap writer yang menulis buku2 panduan liburan hemat. silakan googling untuk tau lebih jelas.



kok bisa jalan-jalan bareng dia? 
yup, ck memang punya planning tiap tahun untuk ngadain jalan-jalan bersama pembacanya ke beberapa negara, yang pasti biayanya terjangkau bangeet. follow aja twitternya @ClaudiaKaunang dan like fanspage fbnya: claudia kaunang untuk tau informasi terbaru, termasuk planning trip bareng tahun ini.


berapa duit bayarnya?  pasti mahal deh! saya cuma mahasiswa kere/karyawan biasa, mana bisa jalan-jalan keluar negri!1,5 juta sajah untuk 4 hari 3 malam termasuk penginapan, guide dan akomodasi, makan hari pertama, dan tiket masuk tempat wisata


bohong banget! masa sih bisa semurah itu?  nginep di mesjid?  duit segitu buat makan apa? tempat wisatanya apa aja? dapet guide dan akomodasi juga? kok bisa?
nah buat yang penasaran atau mungkin gak percaya, silakan baca postingan saya selanjutnya. akan saya ceritakan gimana serunya jalan-jalan bersama mbak Claudia Kaunang beserta teman-teman baru yang berjumlah 28 orang




sebelum lanjut ke postingan selanjutnya, berikut ini adalah hal-hal yang perlu  diperhatikan:


1. uang
 Mata uang thailand adalah baht. kursnya saat ini adalah 1 baht = 340 rupiah. ketika melakukan perjalanan, kebetulan nilai uang baht sedang naik karena biasanya kursnya hanya berkisar 300an rupiah saja. Tapi kabar baiknya, biaya hidup di bangkok relatif murah, hampir sama kayak di jakarta. Bahkan dalam beberapa hal justru lebih murah. Apalagi yang biasa di Singapur semua mahal-mahal dan selalu harus hitung-hitungan kalo mau ngeluarin duit. Nah begitu ke bangkok semuanya akan terasa jauh lebih murah.


2. paspor
Bikin paspor jaman sekarang ga susah ya, meski ga pake calo. dan buat yang udah punya jangan lupa batas kadaluwarsa maksimal 6 bulan.


3. colokan
Awalnya saya bingung karena ketika saya googling, ternyata ada banyak versi colokan yang digunakan di thailand. Tetapi ketika saya jalan-jalan kesana, ternyata colokan yang dipakai sama persis kayak di rumah. tapi kalau kalian ragu, silahkan bawa converter lengkap.


4. simcard
Nah biasanya kalo pas liburan ini, update status itu penting banget ya? hahahaha. biar bisa internetan dan komunikasi lancar dengan orang-orang di rumah, kamu bisa beli simcard begitu sampai di bandara. Untuk tau lokasi counternya silakan tanya petugas tourism service, mereka dengan ramah akan menunjukan lokasi counter-counter penjualan simcard. Saya menggunakan kartu truemove paket unlimited blackberry seharga 199 baht  untuk 7 hari. Lumayan worth it daripada harus pake paket bb roaming yang harganya mencapai ratusan ribu.


5. pakaian
Beberapa orang, (apalagi yang berhijab) seringkali bingung ketika harus mempersiapkan pakaian untuk liburan. tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak, asalkan pintar mix and match nya. untuk perjalanan 4 hari 3 malam, saya membawa 1 kemeja , 2 atasan, 2 celana jeans yang bisa dipakai bergantian, 1 setel baju tidur ( ga usah khawatir bau karena di sana kita tidur di ruangan ac), 4 pieces inner ninja ( untuk yang satu ini saya harus mengganti setiap hari supaya tetap wangi), handuk bisa pinjam di hostel seharga 50 baht saja supaya koper tetap kosong, sendal model jepit supaya tetap bisa belanja dengan lincah. sisanya, saya akan membeli pakaian di sana untuk langsung saya pakai sehingga tidak memakan space koper.


6. makanan
Makanan halal di bangkok pastinya tidak sebanyak di jakarta yang dengan mudah selalu kita temukan dimana saja. Tetapi bukan berarti tidak mungkin, kuncinya adalah selalu bertanya apakah makanan ini halal/tidak. dan buat saya, makanan di bangkok ini rasanya memang enak dan cocok. bumbunya pas ( tidak seperti di singapur yang cenderung tawar), rasanya perpaduan pedas, asam dan manis. Belum lagi buah-buahan yang biasa dijual dipinggir jalan, dijamin bikin nagih!


7. Penginapan
Kalau kamu pengen lebih hemat , senang berinteraksi dengan bule dan mencoba hal-hal baru, kamu bisa nyobain tidur di hostel. harganya rata-rata cuma 100 ribu rupiah saja per malam per orang. Jangan khawatir  tempatnya gak layak atau jorok karena turis asing pun senangnya nginep di sini. Lumayan kan sisa duitnya bisa dipakai buat belanja. Tapi kalau benar-benar gak cocok sama hostel, kamu bisa coba nginap di hotel saja. Biaya hotel di bangkok pun sangat terjangkau, 400 ribu saja kita sudah bisa dapet tempat yang keren. Kalau saya dan rombongan trip bareng ck, nginepnya di saphaipae http://www.saphaipae.com/ tempatnya keceee. Kalo gak percaya silakan dibuka linknya kaka :3


8. Bahasa
Salah satu faktor orang-orang enggan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri adalah karena bahasa. Apalagi thailand yang punya bahasanya sendiri, baik dari huruf maupun secara verbal. tapi gak perlu khawatir karena bangkok merupakan daerah turis, mereka bisa bahasa inggris meski gak lancar-lancar banget. kalo udah mentok, bahasa isyarat pun masih bisa dimengerti kan? :p


9. tiket pesawat
Banyak sekali penerbangan yang menyediakan rute ke bangkok. untuk mendapatkan tiket murah, sering sering lah cek harga di airasia atau tiger ways. pada saat melakukan liburan kemaren, teman-teman saya pakai tigerways rata2 seharga 2 juta PP jkt-bangkok. Kalau saya sih pake konsesi garuda :P





nah kalo persiapan sudah beres, silakan baca postingan saya selanjutnya :)



1 comment:

  1. hai! makasih infonyaa, very helpful, esp about the simcard :)

    ReplyDelete

comments are really appreciated,
follow me and i will follow you back

thank you ;)