Wednesday, February 1, 2012

Heaven in North Jakarta

17 januari 2012

Di antara sempitnya waktu liburan sebelum mulai magang, Saya memaksakan menyempatkan diri untuk liburan ke pulau tidung. Jalan-jalan kali ini sebenernya agak maksa karena akhirnya cuma berdua, dan di antara waktu libur yang cuma 2 minggu, sekitar seminggu waktu sudah direncanakan untuk ke solo-jogja. Setelah itu lalu ke surabaya dalam rangka acara keluarga. Liburan ke pulau tidung ini berlangsung selama 2 hari 1 malam saja.

Dimulai dari depok, kami berangkat naik taksi ke kali adem (muara angke), sebenarnya kami bisa saja naik angkot/bis ke sana tapi sayangnya kami kurang informasi mengenai hal ini. Perjalanan dari depok ke muara angke bisa dibilang tidak dekat, apalagi macetnya berhubung ini adalah hari kerja. Sempat terpikir apakah keburu karena awalnya kami pikir kapal yang berangkat ke pulau tidung hanya ada di jam-jam pagi saja  (asumsi kami semakin siang gelombang laut semakin tinggi) tapi ternyata ada juga kapal juga berangkat siang hari sekitar jam 12 an (tergantung cuaca). Alhamduliah ga sia- sia kami berangkat ke muara angke. Ongkos kapal ke pulau tidung 33ribu saja dan fyi, pelabuhan ini sepertinya baru ( entah baru dibangun atau direnovasi) jadi masih terasa baik sekali kondisinya. Kapalnya pun bukan kapal kayu, jadi perjalanan hanya 45 menit dan yang penting gak bikin mabok!

Sampai di sana, kami agak kikuk karena ini pertama kalinya kita kesana. Kami pun berjalan terus menyusuri rumah-rumah yang berbaris sepanjang jalan. Tak lama, kami berpapasan dengan anak muda yang mungkin umurnya ga terlalu beda jauh. Mungkin karena dilihatnya kami bukan penduduk setempat, ia langsung menyapa dengan ramah. Singkat cerita, ia mencarikan kami penginapan yang murah dan mengurusi segala kegiatan kami di pulau tidung. yeaay!

pelabuhan muara angke

berpapasan dengan kapal sebelah, eh ada bule :D

tidung, keep it celan

barisan pohon kelapa di dekat pantai tidung bagian barat

pantai tidung arah barat, bersiih pasirnya :D

masih di pantai tidung arah barat

minum es kelapa dulu yuk!

hari kedua: sunrise di pantai tidung arah timur

jembatan cinta

jalan teruss.. di ujung sana ada pulau tidung kecil ( tidak berpenghuni)

sepanjang jalan kenangan~

pemandangan pantai di sebelah timurnya

Mungkin ada yang sadar mengapa saya tidak mengupload foto-foto yang ada saya selama di tidung. Bacalah postingan2 selanjutnya dan mungkin kalian akan tau mengapa :p

BTW setelah dihitung-hitung, percaya ga percaya, pengeluaran gw selama 2 hari 1 malam di sana ternyata ga sampe 200rb. Kesimpulannya, kalo mau irit banget kalian sebenernya gak masalah modal nekat langsung datang kesana tanpa memesan jasa travel terlebih dahulu, kecuali kalo kalian bawa banyak massa atau pas hari libur sebaiknya pakai jasa travel supaya ga ribet.

biaya-biaya:
makan: 10-20ribuan
penginapan: 100 ribu (tergantung tempat, tanggal, dan negonya berapa)
alat snorkling: 35 ribu
sewa sepeda: 15 ribu (penting karena pengunjung di sana kemana-mana naik sepeda)